Cara Mengupdate Galaxy Nexus ke Android 4.1.1 Jelly Bean

Android 4.1.1 aka Jelly Bean merupakan seri OS Android yang paling baru yang dikeluarkan Google. Seri Android ini memiliki sejumlah fitur yang sangat menarik terutama pada performance user experience yang lebih smooth dan hemat battre. Pada tulisan sebelumnya tentang update Jelly Bean di Nexus S sudah dipaparkan cara untuk mengupdate ke Jelly Bean yang bisa diterapkan juga pada handset Galaxy Nexus.

Namun setelah beberapa saat bermain-main dengan Galaxy Nexus yang kebetulan baru saja datang untuk menggantikan Nexus S yang  dihibahkan ke kolega saya, saya baru mengetahui bahwa tidak semua Galaxy Nexus bisa mendapatkan OTA update Jelly Bean. Galaxy Nexus yang beredar sebenarnya ada beberapa macam seri, ada yang pure Google yang langsung didistribusikan oleh Google lewat Play Store (versi GSM/HSPA+) dengan kode produk yakju dan takju , ada juga yang didistribusikan oleh Samsung sendiri dengan kode yakju**  (** tambahan dua huruf dibelakang yakju).

Nah yang masuk ke Indonesia adalah Galaxy Nexus dengan kode produk yakjuxw yang distribusikan oleh Samsung dan update OSnya ditanganin sendiri oleh Samsung. Update OTA yang beredar saat ini adalah update yang dikeluarkan oleh Google untuk handset2nya dengan kode yakju dan takju, jadi untuk handset dengan kode yakjuxw harus menunggu update dari Samsung yang biasanya lama dan membuat kita harus menunggu.

Untuk mengetahui kode produk Galaxy Nexus yang kita pakai, bisa gunakan aplikasi Andorid System Info yang dapat didownload dari Play Store. Jika sudah terinstall, informasi kode produk dapat ditemui pada tab System di dalam sub menu Buildinfos, kode produk dapat dilihat pada item Product.

galaxy nexus yakju

Sebelum melangkah lebih jauh ke cara untuk update manual Jelly Bean, cek dahulu kode produk Galaxy Nexus-nya. Jika kodenya sudah yakju dan sudah ICS 4.0.4 bisa tinggal menunggu OTA update daripada manual update. Atau jika OTA updatenya belum muncul, bisa dipancing dengan menggunakan trik khusus untuk memaksa OTA update nongol.

Untuk handset dengan kode yakju**, khususnya yakjuxw untuk seri Galaxy Nexus yang masuk Indonesia, update ke Jelly Bean bisa dengan cara flashing factory image (ROM) Jelly Bean untuk handset yakju atau takju. Baik yakju maupun takju sebenarnya sama saja, perbedaannya pada takju ada tambahan aplikasi Google Wallet.

Namun yang perlu menjadi perhatian, ROM Jelly Bean yakju dan takju belum tentu kompatibel dengan Galaxy Nexus yakjuxw, biasanya suka ada masalah kompatibilitas pada radio. Tapi dari pengalaman saya flashing menggunakan yakju pada jaringan Telkomsel tidak ada masalah, jaringan lancar baik data maupun voice.

Okay, jika sudah yakin untuk flashing manual Jelly Bean, berikut ini adalah langkah-langkahnya, saya buatkan semudah mungkin sehingga bisa diaplikasikan dengan mudah oleh newbie sekalipun. Untuk bisa flashing ROM Jelly Bean, tidak perlu harus diroot dahulu, yang penting dan mutlak adalah bootloadernya harus di dalam keadaan unlock.

A. Persiapan

USB Driver

Untuk bisa melakukan flashing ROM, untuk pengguna Windows, pastikan driver Samsung USB driver sudah terinstall, jika belum download dan install drivernya. Alternatif instalasi driver:

  1. Samsung USB Drivers
  2. Samsung Kies, biasanya sudah termasuk dengan driver USB nya.
  3. Galaxy Nexus driver

Pilih salah satu dari driver di atas, jika berhasil pada  saat handsetnya dicolokkan pada komputer (PC/laptop) dengan kabel USB, pada windows device manager harus muncul tampilan seperti gambar di bawah ini (cth Windows 7).

Jika drivernya belum terinstall dengan baik, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini;

problem android samsung usb driver windows7

Jika terjadi masalah seperti di atas, maka install manual drivernya dengan menggunkan android usb drivers dari android sdk. Caranya:

  1. Extrak file usb_driver.rar
  2. Klik kanan pada item Android 1.0 (yang ada tanda serunya) dan pilih Update Driver Software
  3. Pilih Browse my computer for driver software
  4. Klik Browse dan pilih folder usb driver yang diekstrak tadi
  5. Lanjutkan instalasi drivernya.

Bagi pengguna  Mac, tidak perlu menginstall driver karena secara default sudah terdeteksi oleh Mac OS.

Fastboot

Setelah driver terinstall dan berjalan dengan baik, maka selanjutnya adalah mendownload file executable fastboot. Jika sebelumnya pernah mendowload SDK Android, maka fastboot  sudah tersedia di dalam folder android-sdk-windows/platform-tools/fastboot.exe untuk Windows dan android-sdk-mac/platform-tools/fastboot untuk Mac OS. Jika belum terdapat fastboot, download dan ekstrak tool GalNexJBRoot.zip. Di dalam file GalNexJBRoot.zip terdapat file executable fastboot untuk windows (fastboot.exe), Mac OS (fastboot-mac) dan Linux (fastboot-linux).

B. Unlock Bootloader

Tahap ini hanya untuk handset yang booatloader-nya masih locked, jadi harus diunlock terlebih dahulu. Jika handsetnya sudah unlocked, tahap ini bisa diskip dan langsung ke tahap C. Flashing ROM Jelly Bean.  Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengunlock bootloader:

  • Masuk ke dalam direktori dimana file executable fastboot berada, misalnya pada Windows dengan menggunakan command prompot (Start->Run->cmd), masuk ke dalam direktori D:\GalNexJBRoot.
  • Matikan handset.
  • Dalam keadaan Off, tekan tombol volume up dan volume down secara bersamaan dengan tombol Power untuk masuk ke bootloader
  • Hubungkan kabel USB dari handset ke komputer
  • Pada command prompot, ketik fastboot oem unlock
    unlock bootloader galaxy nexus
  • Pilih Yes pada konfirmasi Unlock bootloader? Tekan tombol volume up untuk memilih opsi Yes dan tekan tombol Power untuk mengeksekusi.
    galaxy nexus bootloader
  • Setelah unlock, status LOCK STATE akan menjadi UNLOCKED

Warning:
Proses unlock akan mereset handset (factory reset) jadi backup dahulu semuda data dan aplikasi.

C. Flashing ROM Jelly Bean 

Jika bootloader sudah dalam keadaan unlocked, kini saatnya untuk menginstall ROM (factory image) Jelly Bean untuk Galaxy Nexus. ROM yang dipake adalah ROM Jelly Bean untuk Galaxy Nexus yakju (JRO03c). Langkah-langkah untuk menginstall:

  • Download ROM Jelly Bean JRO03c (yakju-jro03c-factory-3174c1e5.tgz)
  • Ekstrak file yakju-jro03c-factory-3174c1e5.tgz
  • Untuk pengguna Windows, jika menggunakan WinRAR pada saat mengkestrak akan menghasilkan file yakju-jro03c-factory-3174c1e5. Rename file tersebut menjadi yakju-jro03c-factory-3174c1e5.zip dan ekstrak lagi seperti biasa
  • Hasil ekstrak adalah direktori yakju-jro03cyang berisi file
    • bootloader-maguro-primelc03.img
    • flash-all.sh
    • flash-base.sh
    • image-yakju-jro03c.zip
    • radio-maguro-i9250xxlf1.img
  • Copy kelima file tersebut ke dalam direktori dimana file fastboot berada
  • Untuk pengguna Mac, instalasi dapat dengan menggunakan file flash-all.sh untuk satu kali proses, tapi jika hendak dilakukan satu persatu bisa dengan cara membaca file flash-all.sh pada editor dan ikuti masing-masing langkah yang terdapat dalam file tersebut (berlaku juga untuk Windows)
  • Jika hendak dilakukan satu persatu maka ikuti langkah berikut ini (sesuai dengan isi file flash-all.sh) pada command prompt



Install bootloader

  • fastboot flash bootloader bootloader-maguro-primelc03.img
    sending ‘bootloader’ (2308 KB)…
    OKAY [ 0.257s]
    writing ‘bootloader’…
    OKAY [ 0.615s]
    finished. total time: 0.872s
  • fastboot reboot-bootloader
    rebooting into bootloader…
    OKAY [ 0.006s]
    finished. total time: 0.007s

Install Radio

  • fastboot flash radio radio-maguro-i9250xxlf1.img
    sending ‘radio’ (12288 KB)…
    OKAY [ 1.282s]
    writing ‘radio’…
    OKAY [ 2.057s]
    finished. total time: 3.340s
  • fastboot reboot-bootloader
    rebooting into bootloader…
    OKAY [ 0.006s]
    finished. total time: 0.006s

Install OS

  • fastboot -w update image-yakju-jro03c.zip
    archive does not contain ‘boot.sig’
    archive does not contain ‘recovery.sig’
    archive does not contain ‘system.sig’
    ——————————————–
    Bootloader Version…: PRIMELC03
    Baseband Version…..: I9250XXLF1
    Serial Number……..: 0149CC3B1500F003
    ——————————————–
    checking product…
    ………………
    Created filesystem with 11/27648 inodes and 3566/110592 blocks
    sending ‘cache’ (8832 KB)…
    writing ‘cache’…
    OKAY [ 2.656s]
    rebooting…finished. total time: 114.061s

Jika selesai reboot handset dan selamat data di Android 4.1.1 a.k.a. Jelly Bean..selamat menikmati

Galaxy Nexus Jelly Bean

About

Web and mobile application developer. Co-founder of TRUSTUDIO, loves programming, Android, travelling, photography, coffee and gym mania.

Comments

  1. Tulung bang… 1st.thank you bang, sukses.. tapi CELAKA 13nya saya lupa backup, gimana cara untuk” lock” kembali GNEX saya dan kembali ke OS ICS 4.0.4 “yakjuxw” kalo2 saya mau klaim “Warranty” saya tanpa “backup file” sama sekali. pliss help bang

    • Halo Febry,

      Sama2 mas,wah sama saya juga kemarin sempat backup dulu stock ROM tapi waktu bikin tutorial ini secara ga sengaja kehapus filenya di sdcard :-( .Tapi bisa coba dengan stock ROM yakjuxw ICS 4.0.1, downlaod dari sini:

      Stock Yakjuxw ICS 4.0.1

  2. Thanks a lot bang buat linknya,anyway factory settingnya d 4.0.4, Dan Kalo saya baca d ketentuan garansi memang TidaK ada pernyataan “garansi tdk berlaku apabila ada perubahan d dalam sistem” garansi akan “void” kalo imei Tidak sesuai Dan ada perubahan suku cadang..that’s all, mohon advicenya n work nyusahin bang..

    • Oke sama2, semoga Galnexnya sehat2 selalu sehingga ga perlu claim warranty.Dulu waktu masih pake spica,klo ga salah ingat ada yang bermasalah juga ROM-nya beda ama rilis resmi samsung (sama2 Eclair tp beda region), tp ga masalah sama Samsung Centernya :D

  3. Trims ya bang lorenz, mantap tutorialnya dan bekerja dengan baik.
    Saya masih awam dengan android dan mau tanya apakah proses di atas sudah termasuk prosess root ya?
    Lalu untuk jelly bean yang telah terpasang apakah harus di root lagi.

    Thanks.

  4. Bang, mw nanya. Kalo kita udah menginstall ROM (factory image) yakju Jelly Bean untuk Galaxy Nexus, apakah artinya kita bisa dapat update-an resmi OTA dari google langsung ? N bisa terus dapat update-an ke seri OS selanjutnya langsung dari google ?

    Soalnya katanya kalo yakju dapat update-an langsung dari google, sedangkan yakju** dapat update-an dari samsung, apa itu benar ?

    • Lorensius W.L.T says:

      Halo Fadhil,

      Iya benar sekali, klo sudah yakju atau takju, jika ada next update dari Google so pasti dapat OTA updatenya. Kalau yakju** dijamin bakal lama karena harus menunggu dari Samsung.

  5. untuk JB yakju masih update US ya???? ga ada bhs indonya????

  6. masih ada bug nya ga ????
    masih takut update jadi JB….

  7. untuk mengetahui bootloader udah unlock sama masih lock gimana om???
    sorry banyak nanya..
    he he he he

    • Lorensius W.L.T says:

      Coba lihat pada saat masuk ke bootloader, kalau udah unlock di ujung bawah ada tulisan “LOCK STATE – UNLOCKED”

  8. mau nanya dong boss…

    baru memiliki nexus nih….waktu pertama beli 4.01…sekarang udah 4.04..dan tertarik untuk upgrade ke 4.1.1…

    merusak garansi ga yah??…liat pertanyaan di atas…tp rasanya tidak menjawab langsung…

    thanks loh pak atas jawabannya

    • Lorensius W.L.T says:

      Garansi kemungkinan tidak berlaku krn pake update non official Samsung, sebaiknya dibackup dahulu ROM ICS 4.0.4 nya bair klo ada apa2 mau klaim ke Samsung dibalikin lagi ke 4.0.4

  9. bang, mungkin ini keluar dari tema… saya mau nanya… task manager di galnex itu dimana ya???

    • Lorensius W.L.T says:

      Klik tombol kanan bawah (tombol ketiga), nanti kelihatan list aplikasinya, untuk end task, slide kiri ato kanan saja.

  10. bang, udah di upgrade jadi JB nih..
    ada bahasa indonesianya ya..
    dikirain ga ada

  11. saya baru memiliki Samsung google Nexus GT-i9250 ICS 4.0.4. Pernah mencoba OTA ke JB tapi tiba-tiba muncul gambar robot lagi dibedah dan ada tandah seru. Itu bagaimana. Dulu versi yakju.

    Setelah bawa ke Samsung berubah menjadi ykjuxw. Kini mau mencoba cara manual. Tapi agak bingung di sesi flashing ROM. apakah kelima file itu di copy langsung ke handset atau bagaimana… Apakah ROM JB yang saya donwload itu versi original dari Google atau bagaimana.. saya takut di hack karena senang berbelanja online.. mohon bantuannnya

    • Lorensius W.L.T says:

      Halo,

      Kalau dibawa ke Samsung ya pastinya diflash ulang pake yakjuxw bukan yakju karena Samsung hanya menangani software yang dia distribusikan bersama Galnex saja (yakjuxw). Kelima file itu yang mana mas? ROM JB yang sy kasih ditutorial ini asli dari Google, itu pure Google ga ada embel2 app third party. Ini link lengkapnya, official Google:

      https://developers.google.com/android/nexus/images

  12. abang loren gmn cara backup rom ics nya??

  13. udh gw ikutin smua cara na, cmn mau install os, radio, n bootloader kok malah image BURn sih, hadeh pusing udh berjam2 ampe jengotan gw gara2 penasa ama jelly bean, ampunnn tolonggg KK bantu ak..

    • Lorensius W.L.T says:

      Image burn maksudnya gmn ?

      • ok kk jd gini stelah saya saya download ROM jelly bean nya saya sudah extract dan taro ke 5 file tersebut d D:/ GalNex..
        yg jd pertanyaan wkt saya instal itu HP hrs dalam keadaan fastboot atw tdk, terus usb debuging nya on atw tdk, saya sdh coba smuanya saya klik forder rom jelly bean yg kk kasih, setelah saya klik dan mau meninstal nya malah ada perintah burn image ke driver E dr windows, kk dr jkt bkn, kl kk ga keberatan aku mau temuin kk aja kl kk ada wkt, nanti saya ksh uang jasa, maaf ga ada mksd ap2, kl bersedia kk bisa bls email saya di, bombye_gitz@hotmail.com tp kl kk ga bersedia jg g papa, :)

        • Lorensius W.L.T says:

          Halo,

          Wah jangan diklik file2 itu, tapi jalankan dari command line, kalau di Windows pake CMD, jalanin dr Run->CMD. Ikuti langkah2nya persis seperti yang ditutorial untuk command installnya. HP nya harus dalam mode fastboot ya. Btw sy di Bandung ;)

  14. bang, di jb ada sedikit bug di gps ya… sama seperti gingerbread…

    • Lorensius W.L.T says:

      Bugnya gimana ya? Lama locknya ato gmn?

      • kalo buka maps hanya menggunakan jaringan data temporary unavailable bang..
        sewaktu saya masih pake ics ga ky gt…
        itu yang saya rasa bang…
        ga tau ya yang lain bang sama ga…

        • Lorensius W.L.T says:

          Wah gitu yah? Di sy aman2 sj. Sudah diupdate ke latest version belum, yang bawaan dr ROm versinya agak lama, lgsg update dr market sj. Klo gak coba clear data dl, masuk ke Settings->Apps->All->Maps->Clear Data.

  15. saya sudah update jelly bean versi ota dari tutorial diatas.saya mau tanya knpa nexus gk suport otg ya gan?

  16. Kalo mau pake otg harus diroot dlu..

  17. file fasboot.exe kok gal bisa d run gan?mohon pncerahanya

  18. om loren,sori mau nanya di luar ini,nexus saya gak mau masuk ke menu..gmn solusinya ya..ato cara reset nya..

  19. hanggadhika says:

    om mau nanya, maaf kalo nubie, galnex ku gal di root, td aku update ota ke jelly beans, eh ternyata ada bugs di gallery: tiap buka galery file foto yg dcim langsung nutup nih, aku udah cari cari di forum 2 banyak yang mengalami hal sama, error di gallery. nah aku pengen balik aja ke ics 4.0.4 gimana caranya om?

  20. hanggadhika says:

    makasih om bantuannya nanti ku coba dulu, sapa tau bisa, kalo pusing2 mau ku bawa ke samsung service aja kali ya…hehe

  21. to fitra
    ada aplikasi d google play untuk usb otg Nexus Media Importer. Berita baik buat teman2 semua hari ini galaxy nexus yakjuxw sdh mendaoat update ota jelly bean. Check it out di system update.

  22. Bang, mau tanya.

    Kenapa Kamera & galeri saya gak bisa di akses setelah upgrade jelly bean 4.1.1 padahal saya update resmi.

    Terima kasih

  23. bang request yakjuxw JB 4.1.1 yaaa

  24. Mas mau tanya ni…
    Baru beli galnex..
    Setelah Melihat setting hp/about phone, Version android saya sudah 4,1,1 padahal blum pernah saya upgrade..
    Apakah itu sudah JB?? dan perlukah di update lg??
    Mhn info ny mas.
    Trims..

  25. rio riandinata says:

    mas.. mohon bantuannya dong..
    saya baru beli galnex seminggu yang lalu.
    pas idupin lsg dpt notif update OTA ke 4.1.1

    skrg udah running jelly bean 4.1.1
    tp masalahnya
    banyak bugs nya..
    wi fi nya gak jalan. gak ngebaca sinyal wi fi yg ada.
    trus tethering nya juga gak jalan.
    batrenya boros bgt .cuma 5 jam.
    sinyal 3 g nya juga lemah bgt .masuk ruangan lsg ilang.

    mohon bantuannya..:)

    • Lorensius W.L.T says:

      Halo Rio,

      berarti kamu menggunakan update dari Samsung Indo ya klo km via OTA. Kebetulan klo di tutorial ini sy pake ROM yang dari Google, bukan punya Samsung. Dan sy belum menemukan masalah sinyal wifi tidak terbaca. Cara pertama coba difactory reset dulu galnexnya (save dulu semua data), kalau masih belum sembuh juga mungkin bisa coba cara flashing manual menggunakan ROM asli google seperti yang dibahas di tutor ini.

      • makasih sarannya mas.
        saya akan coba factory reset dulu.

        kalau gak berhasil,saya akan coba flashing.
        flashingnya resiko nya gede gak mas?
        maklum saya blm pernah nyoba.
        ini android pertama saya.
        trus kalau flash sendiri garansi nya ilang gak?
        sayang kan umurnya baru seminggu.

        • Lorensius W.L.T says:

          Halo Rio,

          Kalau flashing rom garansi tidak bisa dijamin dan kemungkinan hiang jika ada apa2 misalnuya gagal flash. Tp ini untung2an saja, klo bawa ke samsung bilang aja hpnya rusak, syukur2 klo ga ketahuan klo rusaknya krn flashing :p…

  26. :(
    gimana ini mas.
    saya abis coba factory reset. udah slese tapi ttp sama.
    trus saya rencana mau flash.

    matiin hape. eh malah gak bisa idup sama sekali.
    blm sempet juga di apa2in.

    • Lorensius W.L.T says:

      Hello,

      Jgn panik, coba cabut batre dulu…heheh :D

      • udahh 2 kali..
        tetep gak bisa.. :( di cas juga gak bisa.
        sambungin ke pc jg gak ke detect.

        ya ampun.gimana dong..:(

        • ini peristiwa sama kayak saya google nexsus s i9023, setelah install malah jadi gak leluar apa2 di hp< biarpun di lepas batre, pasang lagi pencet power+power up
          atau pencet apaun gak keluar apa apa
          di colokin PC via usb juga gak detect apapun biarpun udah di pencet sana sini
          dan udahpake ubuntu jg gak bisa2
          saya pake nexus toolkit pas abis install dead
          kayaknya salah rom deh
          kira kira tau pemecahan masalahnya gak ya

          • Lorensius W.L.T says:

            Kalau sampai gak bisa didetek sama PC jg kemungkina hpnya brick aka rusak. Bisa jadi karena nexus toolkitnya. Satu2nya cara yang dibawa ke Samsung Center..;)

  27. udah nyala lagi mas. mau flash aja deh.
    oya.
    gimana ngecek bootloader kita locked apa unlocked?

  28. mas. ini udah di fastboot mode.
    tapi ternyata usb nya dlm detect. past mau unlocked bootloader gak jalan.

    hape bisa dimatiin pas fastboot mode.
    trus instal driver nya dulu . abis itu baru lanjutin lagi.atau
    pas di fastboot mood boleh update driver nya lsg ?

    • Lorensius W.L.T says:

      Sip, boleh koq, install aja dulu drivernya, ikut langkah2 tutorialnya yang ngurut ya sprt di post ini.

  29. tetep gak kebaca.
    fastboot mode boleh di matiin gak?
    sblm flash usb debugging hrs enable dulu ?

  30. mas. udah berhasil flashed 4.1.2

    tapi wi fi nya ttp gitu ya..
    gak ada wi fi yg ke detect.
    frequensy bandnya pilih 5 gzh atau 2,4 ghz atau auto ?

  31. Bang, sy baru beli Samsung nexus Dan otomatis langsung dpt upgrade ota.. skrg sudah 4.1.1 tapi problemnya sy sekarang tidak bisa konek tethering.. di laptop bisa nyambung (seolah olah tidak masalah) tapi tidak bisa browsing.

    Mohon pencerahan.

    Thanks bang

  32. mas saya mau nanya nih.. caranya ngilangin notifikasi update OTA di galaxy nexus tanpa harus root gimana ya? ini saya pakai ICS dan notifikasi update OTA nya ngganggu banget nih mas hehe.. thx

  33. Mas, saya baru beli samsung galaxy nexus i9250 3 hari lalu, sial banget sehari kemudian dibuka pre-order LG nexus 4 cuma dgn nambah 750 rb lagi. :( (
    Kembali ke inti, Galaxy Nexus saya pertama beli ICS 4.0.4 trus di upgrade sendiri jadi JB 4.1.1.
    1. Yang ingin saya tanyakan bagaimana cara update dari JB 4.1.1 ke JB 4.2.1???
    saya sudah punya file update yakju:
    - 24a9a760f32e.signed-yakju-JZO54K-from-JRO03C.24a9a760,
    - fdf06e8d71c7.signed-yakju-JOP40C-from-JZO54K.fdf06e8d, dan
    - 5f67f5ca4720.signed-yakju-JOP40D-from-JOP40C.5f67f5ca.

    2. Apakah cara updatenya sama kayak langkah2 di atas?

    3. Apakah harus diupdate satu2 file di atas atau bisa sekaligus?

    4. Apakah perbedaan JB 4.1.1 dan 4.2.1???

    5. Display device saya: JRO03C.I9250XWLH2, Product: yakjuxw, apakah waktu update yakjuxw bisa memakai file update takju?

    Mohon pencerahan ilmunya dengan lengkap dan jelas ya bro, semoga bisa memberi mamfaat untuk semua.
    terimakasih :)

    • Lorensius W.L.T says:

      Halo mas, sorry nih telat balas, baru sempat ngurus blog lagi.

      1,2,3. Sebaiknya download file ini saja https://dl.google.com/dl/android/aosp/yakju-jop40d-factory-279cdc5d.tgz, dan ikut langkah2 yang sama dengan langkah2 di atas
      4. Perbaikan perfomance dan bug2
      5. Bisa2 saja, tp sebaiknya pakai yang sesuai saja, yakju.

      Semoga membantu yah..;)

      • mas admin Lorensius W.L.T, kalau mengikuti cara di atas apa Galaxy Nexus saya harus diROOT terlebih dahulu?
        Kalau harus diROOT, apa ada cara lain untuk mengupdate Os yang tidak mengharuskan ROOT terlebih dahulu?
        Mohon informasinya admin, jawaban anda di atas sangat membantu.
        :) Terima kasih

        • Halo aidil,

          Kalau untuk upgrade rom ke versi terbaru, tidak perlu harus root dulu koq, yang penting bootloadernya diunlock terlebih dahulu. Terus flash dengan factory image(rom) via command line dari komputer, seperti yang dijelaskan pada langkah2 di atas. Saat ini Android sudah masuk seri 4.1.2, jadi download factory image yang terbaru saja dari sini:

          https://developers.google.com/android/nexus/images

          Terus ikuti langkah2 di atas untuk instalnya. Semoga sukses.

  34. thanks ya bro, ini sangat membantu, tetapi belum saya instal.
    karena sewaktu saya download file tersebut berubat dari .tgz menjadi .tar dan setelah saya hasil extract file tersebut saya ubah menjadi .zip dan sewaktu saya extract lagi .zip tersebut error dan tidak mau mengextract.
    kira-kira itu masalahnya kenapa ya bro? dan solusinya bagaimana? terimakasih banyak :)

    • Halo aidil,

      Ekstraknya pake apa? coba pake winrar.File *.tgz itu format zip-nya unix, jadi file .tar hasil ekstrak itu tidak bisa diubah jadi zip, tar bukan file compress tp file archive, jadi tinggal diunarchive saja, kl km pake linux/unix sih gampang, tp klo windows agak susah. Klo winrar ga jln coba pake 7zip. Normalnya, hasil ekstrak dari file rom tersebut adlh sebuah direktori yg berisi bbrp file sprti yg dijelaskan di post ini.

  35. Thanks ya bro atas bantuannya, Alhamdulillah sudah bisa saya upgrade ke os JellyBean 4.2.1
    cuma saya belum coba apakah ada error atau enggak, ini baru saja siap saya uppgrade.
    terima kasih banyak ya.
    sukses selalu. :) )

  36. mau nanya sblm aq beli galaxynex . enk g sih galaxynex? keleatanya mslh upgrade OS msh susah nie? apa di upgrade di SAMSUNG CANTER ajah yah biar gak ada masalah dan ke janggalan ?

    • Sy recommend Galaxy Nexus aja, update kalau galaxy nexus yang versi samsung indonesianya biasanya agak telat dari versi officialnya. Update bisa OTA jd tdk perlu harus ke Samsung Center.

  37. ane perlu pencerahan gan sblm membelinya

  38. gan enak nya beli mana yah ? google nexus I9250(ane belum cukup uang ) atau google nexus S i9023 atau google nexus i9020A atau google nexus S????? MOHON PENCERAHAN GAN dan mana yg udh launching di indonesia???

    • Kalau saran saya sih mending Galaxy Nexus (i9250), tp kalau blm cukup uang Nexus S jg gpp, toh Nexus S bisa diupgrade jg ke Jelly Bean. Semuanya sudah dilaunching di Indonesia termasuk yang terbaru Nexus 4.

  39. Gan samsung galaxy nexus sekarang dijual berapa yahh ?

  40. agan beli yg type ap?

  41. bro update sampean ini compatible kah buat ID : ITL41F

    • Kira” Galaxy Nexus bulan april msh ad barag baru nya gk ya??

      • Harga Baru 16 Februari 2013 di toko online Lazada. co. id adalah Rp 4.345.000
        Padahal aku beli tanggal 04 Januari 2013 harganya Rp 3.550.000 di Banda Aceh.
        Mungkin harganya naik karena kelangkaan barang di pasar.
        Selama aku pakai produk ini nyaman dan mantap (tidak ada masalah), sekarang Samsung Galaxy Nexus i9250 aku punya sudah ter-upgrade ke versi terbaru android yaitu Jelly Bean 4.2.2 (JDQ39), mungkin kalau beli ponsel android yang bukan keluarga NEXUS updatenya baru dapat 4-6 bulan lagi :D , ada juga kemungkinan tidak dapat di upgrade.
        Ini link untuk harga terbaru Samsung Galaxy Nexus i9250 di toko online Lazada. co. id (Stok Terbatas):

  42. Kira” Galaxy Nexus bulan april msh ad barag baru nya gk ya??

    • Barang baru masih ada, cuman krg tau ya harga skrg brp, coba liat2 blibli.com atau lazada.co.id.

      • Bro mau numpang tanya lagi ini, baru ketauan soalnya ini permasalahan.
        Spesifikasi Galaxy Nexus i9250 kan RAM-nya 1Ghz,
        Nah, yang jadi pertanyaannya kok di status info Galaxy Nexus i9250 total RAM-nya cuma 694Mhz???
        Kalau Nexus kamu detail RAM-nya berapa ya bro? Aku tau info-nya di Setting > Apps > Running Programs, detail RAM-nya yaitu jumlah yang used ditambah yang free.

  43. Kalo udah di unlock bisa di lock lagi??trus prosesnya sama kaya seperti unlock??
    Makasih

  44. malam bang…mau minta tolong nih… file foto di nexus i9250 ku kehapus total….gimana bisa balik lagi ga yaaa?caranya..?…help…bang….trims sebelumnya…

  45. Bang, mohon infonya, setelah saya melakukan proses flashing ROM 4.2.2, si nexus sekarang malah stuck di logo “X”.
    Harus dilakukan apa ya?

  46. It’s really a nice and helpful bit of information. We are happy that you just shared this useful info along
    with us. Please stay us up to date along wrinkles. Thanks for sharing.

  47. bang nanya bang, saya waktu itu iseng di galaxy nexus saya buka: about phone-system update terus ada buat upgrade ke jelly bean 4.3 oh iya android saya 4.2.2, nah setelah di download dari sana pas saya instal gagal, gimana nih soalnya ternyata system update nya ada lagi ada lagi di notofication bar nya.

  48. Suryadi Yadi says:

    Maaf suhu minta solusi..hp galnex ane softbrik setelah flash via odin..di layar cuma ada lambang hp conect komputer..sepertinya sy salah rom..yg jadi pertanyaan apa hp ane bisa balik sperti semula lagi klo di flash dengan cara metode fastboot??apa rom di treed ini cocok untuk galnex ane??

Speak Your Mind

*