Fitur Tersembunyi Multi-User di Android Jelly Bean

Halo droiders..pernah membayangkan fitur multi user yang ada pada desktop OS seperti Windows, Mac dan Linux yang memungkinkan kita membuat beberapa user untuk bisa login dengan user yang berbeda-beda, diterapkan pada OS Android kesayangan kita? Nah pada OS terbaru Android 4.1.1 Jelly Bean ini fitur multi-user ini dimungkinkan walaupun masih merupakan fitur yang tersembunyi dan terbatas untuk rooted device. Karena masih tersembunyi kemungkinan fitur ini masih berupa fitur beta dan memang belum diumumkan secara resmi oleh Google.

android multi-user

Dengan menggunakan fitur multi-user ini, kita bisa membuat beberapa user tambahan dimana masing-masing user memiliki profil konfigurasi yang berbeda dengan account Gmail yang terpisah pula. User utama (Primary) adalah user default bawaan Android yang memiliki keseluruhan fungsi dan akses ke menu Settings di Android. Sedangkan user tambahan (non primary) yang ditambah kemudian hanya memiliki akses ke beberapa menu saja pada menu Settings seperti Wifi, Bluetooth, Sound, Display, Security dan  About. Namun berbeda dengan desktop OS, masing-masing user ini tidak memiliki password untuk login, jadi saat switch user kita bebas memilih dan masuk ke user tertentu. Mungkin karena masih beta jadi belum semua fitur layaknya pada desktop OS bisa diterapkan.

android multi-user settings

Nah mungkin ada yang bertanya, loh apa gunanya nanti buat dipake sehari-hari? Ya jawabnya sama saja dengan pada saat kita membuat multi-user pada desktop OS, kita bisa membatasi akses ke hal-hal yang bersifat privasi pada akun primary sehingga jika ada teman atau keluarga yang ingin meminjam Android kita, kita bisa switch ke user non primary yang tentunya memiliki akun Gmail dan konfigurasi aplikasi yang berbeda dan akses Settings yang terbatas.

Kegunaanya:

  • Membatasi akses ke Gmail sehingga tidak sembarang orang bisa membaca email2 kita
  • Membatasi akses ke Play Store berbayar jika akun Gmail terhubung dengan Credit Card. Akun ini tidak bisa diakses pada user non-primary sehingga tidak bisa dipakai untuk membeli aplikasi tanpa sepengatahuan kita
  • Membatasi akses ke aplikasi tertentu. Misalnya pada akun primary, kita sudah login Facebook dengan email tertentu, jika diswitch ke user lain, kita harus login ulang lagi untuk masuk ke Facebook.
Oke sudah penasaran ingin mencobanya, caranya gampang hanya membutuhkan akses Android terminal saja lewat adb command. Tentunya Androidnya harus sudah diroot terlebih dahulu, jika belum bisa coba cara root di bawah ini:

Untuk memulainya, terlebih dahulu file executable adb  harus tersedia terlebih dahulu. Adb bisa didapatkan dengan mendownload SDK Android atau dari tool GalNexJBRoot.zip. Pada SDK android, adb bisa ditemukan dalam direktori android-sdk-<windows/mac>/platform-tools. Untuk memahami adb lebih dalam, bisa membaca panduan penggunaan adb.

  • Dari command prompt, masuk ke dalam direktori dimana adb berada
  • Ketik adb shell untuk masuk ke dalam Android terminal
  • Pada android terminal, ketik su untuk masuk ke root
  • Untuk menambah user, ketik pm create-user <NamaUser>, contoh: pm create-user Guest
  • Untuk melihat daftar user, ketik pm list-users
  • Untuk menghapus user, ketik pm remove-user <id user>, contoh pm remove-user 1
  • Id user bisa dilihat pada saat menampilkan daftar user yang terletak disamping kiri nama user ( UserInfo{1:Guest:0} ==> user id = 1)
  • Untuk switch antar user, tekan dan tahan tombol Power Off
android multi user

 

About

Web and mobile application developer. Co-founder of TRUSTUDIO, loves programming, Android, travelling, photography, coffee and gym mania.

Comments

  1. Hendry Arsya says:

    Bang numpang Tanya nih, galnex Ku dulu di root Dan setelah saya unroot kok masih unlock ya? Says pikir setelah kita unroot ITU akan kembali standard PAbRik lagi Dan dah di version jelly beam 4.1.1. Tau g bang cara ng lock nya lagi diversi 4.1.1? N minta link donk bank tuk update ke jelly beam 4.2 v galnex Ku JRO03c. Thanks sebelumnya….

  2. Thanks for sharing…keep writing!!!

  3. bang mau nanya nih, ko pas ane ketik su yang keluar malah root@android bukannya shell@android?? padahal galnex ane sudah di root. pas ketik pm crate-user Dua juga eror bang.. thanks before

  4. Bang,
    mohon pencerahannya, temen saya pakai Ainol Spark 9 (udah Jelly Bean), trus dikotak katik anaknya, eh menu setting jadi hilang di applicationnya, trus kalau diklik dari notif center yang di pojok kanan bawah (seputaran logo baterai) memang muncul logo setting, tapi kalau diklik settingnya itu tetap tidak bisa masuk ke menu setting, adakah solusi selain root atau instal ulang? soalnya barang masih baru, temen saya tidak mau rusak garansi kalau di root…
    Mohon pencerahannya bang…urgent soalnya.

    terima kasih banyak sebelumnya ya

  5. iwan setiono says:

    Gan andro ane galmin gt-s5570 udah root cm10.1 jb 4.2.2 setelah root aplikasi gmail.google akun/setting.google playstore pada hilang.terus saya coba install aplikasi tersebut dengan donlot dari PC tiap kali klik selalu force close/warning” sayangnya aplikasi gmail telah berhenti.ok”……dan semuanya dari google.gimana ya gan buat ngembaliin aplikasi google tersebut karna saya gak bs donlot via plystore.mohon pencerahannya gan.thanks

Speak Your Mind

*