Mengatasi Update Mac OS X 10.7.5 Yang Lambat dan Sering Crash

Update Mac OS X 10.7.5 sebenarnya sudah lama disediakan Apple dari bulan Oktober 2012 lalu, tapi karena kesibukan dan tidak sempat cek update akhirnya baru kemarin ini, di Januari 2013 baru sempat saya update ke MacBook Pro saya. Sebelumnya saya menggunakan Mac OS X Lion 10.7.2, semuanya berjalan lancar walaupun sedikit lambat dibanding versi sebelumnya (Snow Leopard).

mac os x lion v10.7.5

Hal yang cukup menjengkelkan setelah update ke 10.7.5 adalah Mac OS-nya menjadi jauh lebih lambat dan sering crash/freeze khususnya pada mengoperasikan Finder (copy dan paste). Selain Finder, Safari dan Chrome juga sering freeze dan sering memaksa Mac-nya direstart. Setelah browsing2 di Google, akhirnya ketemu juga solusinya dan ternyata cukup simple. Berdasarkan diskusi di website Apple Support, solusinya adalah dengan mengupdate Java ke JDK 7. Kebetulan saya masih menggunakan Java 6 yang merupakan bawaan Mac OS. Setelah download dan install JDK 7, semuanya berjalan dengan lancar dan normal, tidak ada lagi freeze dan lambat.

Hal yang perlu diperhatikan jika menggunakan JDK 7 ini, plugin java untuk Chrome otomatis tidak berfungsi karena Chrome masih berbasis 32 bit dimana tidak disupport oleh Java 7. Jika sudah terlanjur diinstall dan ingin kembali lagi ke Java 6, ikuti langkah2 restore Java 7 ke Java 6 yang disediakan oleh Apple. Jika menggunakan Safari, jangan lupa juga untuk mengupdatenya ke versi terbaru (6.0.2) sehingga bisa berjalan dengan optimal di Mac OS X 10.7.5 dan Java 7.

About

Web and mobile application developer. Co-founder of TRUSTUDIO, loves programming, Android, travelling, photography, coffee and gym mania.

Speak Your Mind

*