Pengalaman Menggunakan XENA Disc Lock Alarm Motor

Pencurian motor akhir2 ini semakin marak terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Para oknum pencuri ini semakin hari semakin lihai dan berani dalam beraksi. Pernah nonton di Youtube, salah satu video cctv kejadian pencurian motor dimana sang pencuri hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 menit untuk membawa lari sebuah motor, malah ada yang sambil membawa senjata api dalam beraksi, cukup menyeramkan.


Maling motor

Memang pencurian paling rawan terjadi pada motor yang tidak menggunakan kunci pengaman dan hanya mengandalkan kunci setang saja. Ada beberapa jenis kunci pengaman yang beredar di pasaran dan banyak dipakai saat ini yaitu yang model disc lock, gembok dan juga alarm yang dapat berbunyi jika motor hendak dihidupkan. Pengaman yang paling simpel adalah model disc lock atau gembok, tinggal ditempelkan ke lubang piringan cakram, kunci, selesai.  Namun model ini juga masih rawan, saya pernah baca di salah satu blog, ada motor yang sudah dipasang disc lock tapi masih saja hilang tak berbekas dicuri, sepertinya sang pencuri sudah mahir membuka disc lock atau bisa juga digergaji atau dipanaskan sehingga kuncinya terbuka.

Model yang sedikit lebih aman yaitu model alarm atau juga lock yang dipasang tersembunyi pada sistem kelistrikan motor sehingga motor tidak bisa dihidupkan. Model ini cukup aman namun ada kelemahannya juga, jika pencurinya niat bawa mobil box dan diangkut, sama saja gak aman, alarm gak bunyi, lock juga tidak ada gunanya. Kelemahan lainnya yaitu harus rela kelistrikan motornya diutak atik untuk dipasang rangkaian alarmnya, kudu ke bengkel dulu deh.

Setelah searching2 di internet, kebetulan saya menemukan satu model alarm motor yang cukup bagus dan simple penggunannya yaitu XENA disc lock alarm . Merk XENA sudah terkenal di luar negeri dan sudah mendapatkan sertifikat keamanan dari beberapa badan security di luar negeri.

Xena disc lock alarm

Produk XENA ini berupa disc lock layaknya model2 disc lock yang mudah dijumpai di pasaran kayak Borma atau toko2 asesoris motor di Indonesia, cuman kelebihannya disc lock ini memiliki alarm sehingga jika ada yang menggoyang shock motor atau disc locknya dipegang atau piringan cakram berputar maka alarmnya akan berbunyi. Fitur alarm ini sangat berguna membuat pencuri bisa kalang kabut atau juga jika motor hendak diangkut ke mobil box juga bakal bunyi alarm ini, sangat2 aman. Selain itu, material disc lock ini sangat bagus dan susah untuk dipatahkan atau digergaji, jadi walaupun si pencurinya dah niat bawa gergajipun akan sangat2 susah untuk dipotong. Bisa dilihat di dua video di bawah ini yang menunjukkan test ketahanan dari XENA disc lock.


Strength test 1


Strength test 2

Penggunaan disc lock alarm ini sangat mudah, tinggal menancapkannya ke lubang piringan cakram dan alarmnya akan otomatis armed 5 detik setelah dipasang yang ditandai dengan bunyi beep. Setelah bunyi beep, maka alarm ini sudah aktif dan setiap ada gerakan pada shock atau disentuh maka alarmnya akan berbunyi. Dengan kekuatan 120dB, bunyi alarmnya cukup kuat dan cukup memekakan telinga. Sensor alarm ini berupa sensor gerakan shock jika shock motornya digerakkan ke atas/bawah juga berupa sensor motion, jika roda cakramnya berputar atau juga disc locknya dipegang. Alarmnya akan mati dengan sendirinya setelah beberapa detik berbunyi atau jika discnya diunlock. Jadi kalau alarmnya berbunyi ga usah panik, biarkan saja karena akan mati sendiri atau kalau takut dimarahin tetangga, jika berbunyi buru2 masukin kunci dan unlock discnya, otomatis diam alarmnya.


Demo penggunaannya

Sensitivitas alarm ini juga bisa diatur,  tergantung di posisi mana kita memasangnya pada disc brake. Tingkat sensitivitas alarm ini menurun sesuai arah jarum jam dengan tingkat sensitivitas paling tinggi jika berada pada posisi jam 12 atau berada paling atas berimpitan dengan shock breaker. Semakin ke bawah semakin berkurang sensitivitasnya. Posisi pasang yang ideal adalah pada arah jam 12 sampai jam 3/4.

Model disc lock alarm XENA ini ada bermacam2 jika dilihat di websitenya, kebetulan yang masuk ke Indonesia lewat dealer resmi cuman yang model XZZ6L. Kebetulan saya belinya langsung ke dealer resminya di Bandung yang berlokasi di ruko Setrasari:

Cecile F-1 R&D
Jl. Dr Sutami, Setrasari Plaza II no. B10
Bandung, Jabar, Indonesia

Jika kebetulan berdomisili di luar Bandung, bisa dicari di kaskus juga koq, ada bbrp agan2 yang jualan XENA juga, tinggal browsing di google dan cari ke thread kaskus, ada bbrp seller yang menjual juga disc lock ini. Harga satu buah XENA XZZ6L waktu saya beli cukup mahal, Rp 500.000, ya sebanding lah dengan kualitasnya dan jika dibanding dengan harga motor, sangat2 jauh. Apa artinya harga disc lock alarm ini jika dibandingkan jika kita kehilangan motor yang harganya di atas 10jt.

xena disc lock alarm motor

Ketika membeli XENA disc lock, satu paket biasanya terdiri dari satu buah disc lock alarm, dua buah kunci utama dan satu kunci yang berisi serial number, satu buah battre, satu buah kunci L ukuran 8 dan buku panduan. Kunci utama yang berwarna hitam digunakan untuk membuka dan menutup disc, dan satu kunci lagi yang dari besi berisi serial number. Kunci serial number ini jangan sampai hilang, jadi jika kunci utama kita hilang, kita bisa merequest lagi kunci gantinya ke XENA dengan mengirimkan kunci yang berisi serial number ini. Serial number ini juga bisa kita gunakan untuk mendaftar produk yang kita beli ke website xenaxecurity.

xena disc lock alarm motor

Oke, sebagai ringkasan, berikut ini saya buatkan daftar kelebihan dan kekurangan produk ini


Kelebihan:

  • Mudah digunakan, tidak perlu membongkar kelistrikan motor atau part2 lain di motor.
  • Dibuat dari material yang sangat kuat
  • Memiliki alarm dengan kekuatan 120dB
  • Sensor alarm berupa sensor shock dan motion
  • Karena menggunakan sensor motion, sangat susah oleh pencuri untuk diangkut ke mobil
  • Auto armed/disarmed alarm
  • Cukup membantu untuk yang suka lupa cabut disc lock, karena saat motor dijalankan dan piringan disc brake berputar, otomatis alarmnya akan berbunyi
Kekurangan:
  • Walaupun gak masalah kena air, namun menurut saya alarm ini agak sensitif dengan air, jadi pada saat baru beli, seal yang menutup batre sebaiknya dilapisi lagi dengan solatip.
  • Jika sensornya kotor, alarmnya suka bunyi sendiri (false alarm), jadi kalau sudah bunyi2 sendiri, bersihkan saja sensornya
Oke sekian dulu sharing saya, selamat mencoba..

 

About

Web and mobile application developer. Co-founder of TRUSTUDIO, loves programming, Android, travelling, photography, coffee and gym mania.

Comments

  1. Kalaw alarm ini kena “cairan Stean” gimana gan ? masih kuatkah ?
    Di bandingkan dengan system alrm Immobilizer, gimana gan ? mana yang lebih efextif ?

    Thx be 4

    • Cairan stean itu apa gan? sorry ga ngerti. Dibanding Immobilizer untuk urusan praktisnya emang praktis yang ini, cuman kelemahannya alarmnya ga bisa diatur, jd klo parkir dit4 parkir ya kadang suka ga enak juga klo digeser2 ama tukang parkir pasti bunyi..;)

      • ma’af..cairan setan .. sejenis cairan kimia keras yang bisa melunak~kan besi gan … yang marak dipake pencuri gan, … dia tinggal di suntik ke gembok, terus gembok~nya kebuka sendiri (bagian dalamnya hancur) …

  2. alah ijek ribet iku, ndadak ijseh pasang dan buka kunci,

  3. Pernah tertarik sm produc ini tp harganya ga pas dikantongi gw hahaha.
    Akhirnya pilih yg alarm remote merknya MBL menurut gw sih cukup tangguh.dapat dari forum.detik seharga 120ribu

  4. makasih informasi-y gan

  5. antonius andrie says:

    Saya pakai Xena XX6 beli seharga 700rb. Baru pakai 2 bulan gemboknya jatoh dan bekas baretnya jadi berkarat. 2 bulan kemudian mesin alarmnya yang terbuat dari plastik patah penguncinya, terpaksa harus pakai double tape. 2 bulan kemudian alarm nya mati, saya curiga karena kehujanan. Lalu pada bulan ke 7 saya lupa menetralkan gear motor saat starter, roda belakang berputar saat Xena menempel, alhasil bengkok besi pengunci cakramnya dan jatoh sendiri. Sama sekali tidak seperti yang diiklankan.

  6. In the dead of winter, it gewts well below freezing, however in sporing and autumn, the temperature hovers
    between 50C andd 12o – C. Theey prefer to get different pairs
    many different seasons annd different occasions. Check
    the quality with their website his goes back to reputation, would you cann purchase
    off an unhealthy quality site.

  7. We say a bit alternative due too the fact a lot of those sources have
    grown to be the new traditional. The market of currency is a larg one as well as thhe average trading daily may be worth $4 trillion. There is
    no standard strategy for planning just how much work to outsource, when you outsource or whom to outsource to.

Speak Your Mind

*