Review Oli Motul 5100 Ester 10w40 di Honda CS1

Seperti yang telah diceritakan dalam post sebelumnya tentang pengalaman bersama Honda CS1, oli yang dipake untuk menunjang performa motor Honda CS1 saya adalah oli semi sintentik ester based dari produsen asal Perancis, Motul. Jenis oli yang dipake tepatnya adalah Motul 5100 Ester dengan SAE 10w40. Oli dengan spesifikasi JASO MA dengan API SL dan sudah saya pake sejak servis pertama saat odometer menunjukkan angka 500 km.

Motul 5100 ester 10w40 Honda CS1

Oli ini juga termasuk langka di Bandung. Muter2 Ace Hardware, Borma, bbrp bengkel ketemunya kebanyakan yang SAE 15w50. Baru bisa dapat oli ini setelah muter2 di daerah pungkur, ketemu satu toko oli yang jual oli ini, kebetulan lagi sisa satu botol, beruntung banget bisa dapet. Harganya lumayan mahal untuk kategori oli semi sitentik, Rp 110.000 per botol, lebih mahal 5000 rupiah dari harga di Ace Hardware dan Borma.

Kesan pertama saat memakai oli ini adalah tarikan terasa enteng banget bikin ngacir, pindah gigi soft banget (kecuali gear 1 ke 2, bawaan orok :p), mesin adem (pake pertamax) dan start mesin di pagi hari sangat mudah. Oli ini memiliki wangi mawar sehingga pada saat awal2 pemakaian (dibawah 500km) blok mesin terasa wangi ;) . Dengan SAE 10w40 berarti oli ini termasuk oli encer sehingga membuat suara mesin terasa lebih kasar dan getarannya cukup kerasa di kaki. Saat RPM tinggi, suara mesin terasa meraung namun tarikan tetap enteng.


Saat tulisan ini dimuat, odometer sudah menunjukkan angkat 1300 berarti sudah 800 km waktu tempuh bersama oli ini. Sampai 800 km oli ini masih menunjukkan performa yang bagus, belum ada penurunan kualitas cuman wangi mawarnya yang sudah hilang. Volume oli juga belum berkurang berarti belum ada penguapan walaupun cuaca di Bandung akhir2 ini siangnya panas banget.

Ok, so far so good lah make oli ini, tarikan enteng dan belum ada penguapan berarti. Nanti kalau sudah masuk 2000 km penggunaan saya update lagi tulisan ini.

 Update 1000 km (12/8/2012)

Akhirnya sampai 1000 km juga pake oli ini, tarikan masih OK, cuman perpindahan gigi yang dulu biasanya smooth ga ada suara apa2 skrng sudah mulai bunyi ‘bletak’ (gigi 2 ke 3). Kopling juga sudah mulai kerasa ga enak, dikit nyentak2. Jadi penggunaan oli ini cukup 1000 km sj dulu, berhubung masih dalam masa coba2 oli jadi semalam saya ganti dengan Shell Advance AX7 (sama2 semi sintetik, SAE 10w-40) yang harganya 1/2 kali lebih murah dari Motul 5100. Its ok berhubung masih mencari yang benar2 cocok dengan style berkendara saya, jadi rencananya tiap 1000km saya ganti oli (max 5x) untuk mencari yang terbaik.

Jadi kira2 kelebihan dan kekurangan oli Motul 5100 Ester untuk penggunaan di Honda CS1 sampe 1000 km ini bisa saya rangkum sbb:

Kelebihan:

  • Tarikan ringan, OK banget lah
  • Akselerasi mantap
  • Pindah gigi lancar dan smooth
  • Walaupun mesin panas, tarikan tetap OK tidak berubah, pindah gigi juga tetap lancar.
  • Tidak ada penguapan
  • Olinya wangi mawar ;p
Kekurangan:
  • Suara mesin cukup kasar, diatas RPM 6000 terasa meraung
  • Kipas radiator jadi sering2 nyala karena mesinnya cepat panas (pake pertamax or pertamax plus)
  • Diatas 800km sudah mulai terjadi penurunan kualitas (bukan tarikan)
Disclaimer:
Apa yang saya sampaikan diatas adalah bersifat subjektif, penggunaan oli itu cocok2an, tergantung mesin dan style berkendara ridernya. Oli yang sama dengan tipe motor yang sama bisa berbeda2 impresinya untuk rider yang berbeda, so coba dulu saja olinya, pakai dan rasakan sampai menemukan yang  terbaik (tapi ingat jangan terlalu sering2 ganti merk oli :d).

 

About

Web and mobile application developer. Co-founder of TRUSTUDIO, loves programming, Android, travelling, photography, coffee and gym mania.

Comments

  1. Hi gan
    Kebtulan gw jua pemakai Oli ini, cuma gw pakenya sebagai oli transmisi di motor 2 tax, … secara perfomance, sama seperti yang juragan, bilang di atas, manteps tenan lah poke, … btw, karena, oli ini bukan oli utama di motor 2 tax (yang penting oli sampingnya tiap bulan isi ulang) ….. , jadi oli ini, biasa gw ganti tiap 9 bulan, di motor gw, … perfomance manteps, harga sesuai dengan kualitasnya

    • Halo gan, iya untuk performance emang mantep tenan ni oli…tarikan ringan bgt. Cuman kelemahannya mesin jd rada kasar dan getarannya cukup terasa, plus diatas 800km pindah gigi udah mulai bunyi (2 ke 3, sebelumnya smooth), kopling jg udah mulai ga enak.

  2. hi om gua make di FU sih enak enak aja ya tapi yang utama ya itu, mesin cepet panas :D

Speak Your Mind

*