Satu Bulan Bersama Honda CS1

Tidak terasa setelah memperhatikan kalender, akhir minggu ini sudah satu bulan si Dogar merah a.k.a Honda City Sport 1 (CS1) menemani perjalananku sehari-hari. Si Dogar ini dibeli untuk menggantikan si Blue, a.k.a Suzuki Smash 110 yang sudah tujuh tahun setia menemani perjalananku sehari-hari.

Suzuki Smash SR 110 2005

Si Blue sengaja dipensiunkan karena mengingat umurnya yang sudah mulai tua, kualitas bodynya yang sudah tidak bagus lagi, bunyi dimana2, sok belakang yang keras, jalannya udah mulai ga stabil, goyang dombret, dan sebulan sekali ke bengkel, ada aja yang harus diganti partnya karena sdh aus dan rusak. Tapi walaupun dengan umurnya yg cukup tua itu, performa mesin tarikannya masih sangat OK dan memuaskan.

Sebulan mengendarai si Dogar, kesan yang didapat dari motor tipe crossover ini adalah handling mantap, tarikan atas ok banget walaupun tarikan bawah gear 1-2 rada lemot (karakter mesin overbore). Sejauh ini saya cukup puas dengan performa motor ini, bawaannya pengen ngebut apalagi klo sudah dapat jalan sepi, makanya paling senang kalau jalan malam :) .

pertamax plus honda cs1

Untuk asupan gizinya,si Dogar selalu dikasih minum red wine a.k.a pertamax plus selama tiga minggu pertama, alhasil tarikan enteng dan kencang. Tapi ada nilai minusnya, saking memabukkan, si Dogar jadi gampang panas. Kipas radiator jadi sering nyala, indikator suhu mesin sering menunjukkan skala 4 bar. Dan yang bikin rada ga enak itu kalau lg riding pake sendal siang2, kerasa panasnya di kaki :( . Akhirnya seminggu terakhir ini si Dogar coba dikasi minum pepsi blue a.k.a pertamax. Lumayan mesin jadi adem dan indikator suhu mesin paling tinggi menunjukkan tiga bar, kipas radiator ga pernah nyala sama sekali. Tapi ada minusnya, tarikan jadi sedikit berkurang dibanding pake pertamax plus.

Motul ester 5100 10w40 Honda CS1

Selain pertamax/pertamax plus , untuk menunjang performanya, si Dogar juga dikasih oli semi sintetik buatan perancis: Motul Ester 5100 10w-40. Kenapa malah pake Motul bukan pake oli bawaan Honda yaitu MPX? Jawabannya karena oli bawaan tarikannya berat, ga enak bawanya. Makanya setelah servis pertama (500 km), oli bawaan langsung dibuang dan dikuras dan diisi dengan Motul Ester.


Kesan selama memakai oli ini adalah tarikan jadi enteng, cocok banget dengan pertamax plus, larinya ngacir..membuat pekerjaan mengantar pulang nyonya dari setiabudi ke kopo jadi menyenangkan apalagi kalau dianter pulangnya malem jam 11an, jalanan da kosong, ngebut terus. Tapi oli ini ada kelemahannya juga, suara mesin jadi rada kasar (efek oli encer 10w40). Makanya setelah 2000/2500 km nanti pengen ganti yang SAE 15w50 saja, biar mesinnya bisa lebih kalem dikit dan tarikan tetap ok.

Yah inilah sepenggal kisah bersama Honda CS1, dengan bentuk dan design yang unik namun memiliki daya tarik tersendiri dimata saya sehingga lebih memilih motor ini dibanding bebek dan motor sport lainnya. ;)

Honda CS1

Lagi dipasangin list velg

Honda CS1

Lagi dipasangin list velg

Honda CS1

Habis diwax

Honda CS1

Habis diwax

About

Web and mobile application developer. Co-founder of TRUSTUDIO, loves programming, Android, travelling, photography, coffee and gym mania.

Comments

  1. sama2 pemakai cs 1 brow..
    kanaknyangket.blogspot.com/2012/08/my-honda-cs-1-city-sport-one.html?m=1

  2. cs1 emang mantap dah, ngacir terus..
    boleh juga bro saranya di atas buat bahan masukan :D

    salam pengguna cs1 …

  3. orong-orong says:

    mantab gan cs1 nya

  4. shep…broww,..! apalgi pake pertamina enduro racing,..tarikan mantap,..

  5. Lorensius Londa says:

    Enduro racing mantaps, jauh lebih enak dari Motul..

Speak Your Mind

*